Intip Dekorasi Pelaminan Ala Malaysia, Simple But Elegant

Bicara tentang persiapan pernikahan, tentu banyak sekali yang perlu dipersiapkan ya, ladies. Bahkan biasanya bride to be sudah punya daftar vendor favorit yang tersimpan rapi dalam fitur saved di instagram atau pinterest. Apalagi buat yang masih lajang, meski belum terlihat hilal jodohnya, following list isinya vendor nikah semua. Katanya sih supaya kalau ada rencana menikah tak perlu cari-cari lagi. Padahal biasanya sengaja update hasil karya si vendor nikah di status biar si dia peka.

Apapun alasannya, memang menentukan vendor pernikahan tak bisa satu-dua hari. Kadang ada vendor yang kita suka banget, ternyata kurang budget-friendly. Atau tak sengaja ketemu vendor yang ramah di kantong, tapi portfolio-nya kurang sesuai selera kita. Ya, harus cari lagi. Gitu terus sampai dapat yang srek di hati dan pas di kantong. Benar kan?

Salah satu kebutuhan pernikahan adalah vendor dekorasi─yang bikin cantik tampilan venue hari H kita. Biasanya vendor dekorasi mengikuti permintaan calon pengantin, misalnya mau tema, warna, hingga membuat moodboard atau layout desain dekorasi sebelum dipasang H-1 acara. Kalau ketemu klien yang masih belum ada pandangan mengenai tema dekorasi, tim vendor pun siap bantu sumbang ide.

Nah, kamu sudah punya bayangan dekorasi pernikahanmu belum nih?

Melihat tren wedding tahun 2022, nampaknya dekorasi pernikahan masih didominasi tema minimalis dan industrial. Tapi sudah tahu belum kalau yang sedang naik daun sekarang adalah pernikahan ala-ala malaysian? Mulai dari make up, pakaian, dekorasi, hingga budaya pernikahan ala malaysia mulai digemari calon pengantin di negeri ini. Padahal ciri khas malay wedding cukup sederhana untuk budaya pernikahan kita yang serba cetar. Namun, justru inilah yang menarik hati banyak wanita.

Ruangan terbatas bukan masalah!

Orang Malaysia pun menikah di rumah, lho. Bedanya, mereka tidak menutup akses jalan. Kebanyakan orang Malaysia senang menggelar acara di ruang keluarga─yang sudah dikosongkan dari perabot tentunya. Atau bahkan memiliki halaman terbuka yang disiapkan untuk menggelar hajatan. Mau terbatas apapun ruangan yang dimiliki, vendor dekorasi di sana siap menyulapnya jadi pelaminan yang cantik dan elegan.

Sumber: https://www.instagram.com/thedecopeople/

Sumber: https://www.instagram.com/thedecopeople/

Sumber: https://www.instagram.com/aleesyablackwedding/

Ciri khas backdrop putih, silver, dan cream

Sepertinya karakter orang Malaysia ini cukup minimalis ya, ladies. Alih-alih dekor pelaminan megah warna-warni, mereka justru sering menggunakan backdrop warna putih, cream, atau silver. Terlihat bahwa bagi mereka less is more. Meski banyak yang serupa, tetap tak mengurangi estetika, kan?

Sumber: https://www.instagram.com/drenjisseripengantin/

Sumber: https://www.instagram.com/decorbyadi_man/

Sumber: https://www.instagram.com/asrulmohammad/

Obsesi pada flower wall

Sesungguhnya, dekorasi pelaminan ala Malaysia cenderung didominasi warna netral dengan satu tujuan yaitu supaya kecantikan taman bunga yang mengelilingi pengantin lebih hidup. Nah, kalau bosan dengan desain pelaminan itu-itu saja dan ingin yang sedikit berbeda, mereka buat flower wall!

Kalau akhir-akhir ini flower fall baru jadi tren di Indonesia, ternyata pernikahan di Malaysia sudah punya obsesi tersendiri pada flower wall sejak lama. Memang kalau dilihat-lihat pelaminan jadi makin manis, ya?

Sebelum minta dibuatkan flower wall ke vendor dekorasi, baiknya tanya dulu harga bunga dan jasanya, ya. Sebab dekorasi semanis ini memerlukan budget yang lumayan besar, lho. Apalagi kalau menggunakan bunga segar.

Sumber: https://www.instagram.com/decorbyadi_man/

Sumber: https://www.instagram.com/thedecopeople/

Sumber: https://www.instagram.com/decorbyadi_man/

Sumber: https://www.instagram.com/decorbyadi_man/

Dari semua dekorasi pelaminan manis di atas, sudah ada yang menginspirasi pernikahan impianmu belum, ladies?

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Waaah, bagus-bagus semua nig, kak. Saya jg senang sama hal2 yg minimalis tpi terlihat elegant, apalagi klo budgetnya kg low. Thankyou for sharing.

    BalasHapus
  2. Tinggal mikirin harganya sama cari calonnya ini mah wkwkwk

    BalasHapus